Disable Preloader

SMPIT NUR HIDAYAH SURAKARTA

PERKUAT FISIK, PULUHAN SISWA MENDAKI GUNUNG ANDONG

SOLO – Puluhan siswa kelas 9A SMP Islam Terpadu Nur Hidayah Solo mengadakan pendakian ke Gunung Andong pada Ahad, (6/10). Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag. Gunung ini berdampingan dengan gunung Telomoyo.
Siswa kelas 9A yang berjumlah 31 anak ini , didampingi oleh 3 pembimbing termasuk wali kelas dan guru BPI. Berangkat dari lokasi SMPIT Nur Hidayah sekitar pukul 07.30 pagi dengan naik bus pariwisata . Para siswa terlihat bersemangat dan gembira ketika dalam perjalanan. Dan Alhamdulillah perjalanan sampai di kaki Gunung Andong sekitar pukul 09.30 WIB.
Setelah melakukan registrasi dan istirahat sejenak, pada pukul 10.00 perjalanan mendaki di mulai yang sebelumnya dilakukan briefing dan doa bersama. Dengan berbekal keyakinan kepada Allah dan semangat, para siswa dan para pembimbing kemudian memulai perjalanan menuju ke puncak gunung. Pada pukul 11.30 berhasil mencapai puncak gunung Andong walaupun diselimuti kabut.
Melihat pemandangan alam di puncak gunung Andong dan sekitarnya yang begitu indah walaupun diselimuti kabut, membuat lisan para siswa dan pembimbing tak henti-hentinya mengucapkan kalimat tasbih “Subhaanallah”. Sungguh Allah Maha Kuasa dan Perkasa yang telah menciptakan berderet-deret gunung dengan keindahannya ini. Setelah puas menikmati pemandangan dan berfoto-foto, maka sekitar pukul 13.00 para siswa dan pembimbing pun akhirnya menuruni gunung.
Menurut Ustadz Anwar Sulistyanto selaku Wali Kelas 9A mengatakan adapun tujuan dengan diadakan kegiatan pendakian gunung ini adalah meningkatkan ukhuwah antar siswa, sebagai sarana pendidikan dan penguatan fisik (tarbiyah jasadiyah)
Seperti yang dikutip dalam salah satu hadits : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Seorang mukmin yang kuat lebih disukai di sisi Allah daripada mukmin yang lemah.” Maka selain memperdalam keilmuan dan keimanan kita, upaya yang harus kita lakukan agar semakin dicintai Allah ta’ala adalah dengan melatih fisik kita agar menjadi mukmin yang kuat fisiknya.
“ Dan juga sebagai bentuk Tadabbur alam yaitu mengenalkan siswa trhadap gunung sebagai salah satu ciptaan Allah yg memiliki fungsi dan peranan penting dalam keserasian dan keseimbangan alam, sehingga sebagai seorang muslim harus selalu bersyukur, mencintai dan menjaga alam “, tambahnya.
Dalam Al-Qur’an disebutkan, gunung yang begitu tinggi dan besar saja bertasbih kepada Allah. Maka sungguh sangat keterlaluan jika manusia yang kecil dan lemah ini lupa dari mengingat Allah SWT.
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Dawud) di waktu petang dan pagi. Dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masing amat taat kepada Allah.” (Shad [38]: 18-19).
Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag. Gunung Andong memiliki ketinggian maksimal 1.726 Mdpl dan dengan kemiringan 45°, gunung ini berdampingan dengan gunung Telomoyo. Meskipun tingginya hanya 1736 mdpl, tapi gunung ini menyimpan sejuta pesona yang sayang bila dilewatkan terlebih diremehkan.
Salah satu siswa kelas 9A, Farhan, Alhamdulillah akhirnya bisa sampai puncak. Pengalaman yang tak terlupakan. “ Kelelahan disaat waktu mendaki terbayarkan dengan sampai di puncak. Walaupun diselimuti banyak kabut “, katanya.
Dia mengaku sangat senang dengan kegiatan mendaki ini. Pelan-pelan tapi pasti, ungkap dia setelah sampai di puncak.
Pukul 14.00 pulang ke Solo, tapi sebelumnya mampir di Pasar Kopeng untuk membeli oleh-oleh buat yang ada di rumah.

Share:

Tinggalkan Komentar Anda