Disable Preloader

SMPIT NUR HIDAYAH SURAKARTA

KELAS 7 OUTING CLASS KE TAWANGMANGU

SOLO – Jalan Kahuripan Utara, tepatnya depan SMP Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta terparkir 2 bus besar pada hari Jum’at (25/10) dan hari Senin (28/10). Jadi tak heran jalanan sedikit macet. Pagi itu SMPIT Nur Hidayah akan mengadakan kegiatan Pembelajaran Outing Class yakni pembelajaran di luar ruangan kelas / diluar sekolah.

Sebanyak 192 siswa SMPIT Nur Hidayah Surakarta mengikuti Outing Class di Tawangmangu, Karanganyar. Mereka semua adalah siswa kelas 7. Kegiatan Outing class ini mengambil tempat B2P2TOOT (Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional) dan Pasar Tawangmangu. Untuk putri dilaksanakan pada hari Jum’at dan untuk putra dilaksanakan pada hari Senin.
Outing Class merupakan media yang efektif dan efsien dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. Pembelajaran bukan dari teori saja tetapi juga kebenaran dan bukti nyata di lapangan .
Menurut Ketua Outing Class kelas 7 Ustadz Abdullah Jazam. Tujuan diadakan Pembelajaran Outing Class ini adalah mendekatkan siswa dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat realita sesungguhnya. Outing Class merupakan satu di antara proses pembelajaran yang inovatif, nyata, dan relevan. Di samping sebagai proses pembelajaran, kegiatan outing class tersebut menjadi sarana dan suasana rekreatif yang menyenangkan.
Di B2P2TOOT para siswa belajar tentang dengan tujuan mengenalkan berbagai macam jenis tanaman obat dan manfaatnya. Sehingga siswa mendapat bekal pengetahuan tentang tanaman obat yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya. Sedangkan di pasar tawangmangu para siswa diajarkan untuk observasi kegiatan ekonomi di pasar tradisional, disini para siswa dianjurkan untuk belanja maksimal Rp. 10.000
Kegiatan pembelajaran Outing Class ini selalu ditemani oleh para guru pendamping yang dengan setia mendidik siswa untuk selalu menunjukkan akhlak yang terpuji di seluruh lokasi outing yang dikunjungi. Oleh karena itu, meskipun kegiatan outing ini dilakukan di luar sekolah namun pengawasan dan proses pendidikan tetap berjalan.

Share:

Tinggalkan Komentar Anda